Mulai Latihan, 74 Calon Paskibraka Maros Pengenalan Lapangan, Ada yang Tak Mampu

Berita Utama, Maros1375 Dilihat

MAROS, INDEPENDENews.com – Sebanyak 74 siswa calon paskibraka Kabupaten Maros mengikuti latihan perdana.

Latihan ini dalam rangka menyambut pelaksanaan upacara 17 Agustus 2023 HUT RI ke 78.

Latihan perdana dilaksanakan di Lapangan Pallantikang Maros, Senin (24/7/2023).

Kabid Pengembangan Nilai Nilai Kesbangpol Maros, Andi Murniati mengatakan, untuk tahap awal sebanyak 74 siswa yang mengikuti pelatihan mengikuti kemapuan fisik.

Pelatihan resmi dilakukan setelah acara pembukaan pemusatan latihan calon Paskibraka tingkat Maros 2023, yang ditandai dengan penyematan pita, topi dan seragam oleh Bupati Maros dan Forkopimda Jumat Kemarin di ruang Pola Kantor Bupati.

Pita tersebut disematkan kepada Koordinator Pelatihan, Letda Bagus (Lanud) Pelatih Aipda Mulyadi Wahid (Polres Maros), Serda Citra (Lanud ST. Hasanuddin), Serka Kasman (Kodim 1422), Alridho Ramadhan (Purna Paskibraka) dan dr. Faisal (Dinkes).

Andi Murniati menambahkan bahwa dari 74 siswa ini merupakan utusan dari berbagai sekolah negeri maupun swasta yang ada di 14 Kecamatan yang telah lulus terpilih sebagai calon paskibraka oleh BPIP Pusat.

“Untuk tahap awal, 74 siswa mengikuti tahapan uji kemampuan fisik, dengan berdiri mematung selama tiga jam. Posisi sikap juga harus sempurna, sebagai orientasi lapangan,” kata Andi Murni.

Ditemukan beberapa calon peserta yang tidak mampu berdiri mematung diterik panas matahari.

Koordinator Pelatih Letda Bagus mengatakan bahwa adik adik calon paskibraka hari ini hari pertama mereka memulai latihan dan untuk mengukur sejauhmana ketahanan fisik dan kemampuan mental para calon peserta.

“Kami bersama tim pelatih memberikan oerientasi lapangan dengan berdiri sikap sempurna mematung selama 2 jam diterik panas matahari,” tambahnya.

“Ada sekitar 21 orang yang pingsan belum mampu menyesuaikan dipanas matahari. Insyaa Allah mereka akan kami bekali materi dan kemampuan fisik dalam melaksanakan tugas pada 17 Agustus mendatang. Mohon doanya,” tambah Letda Bagus.

Terpisah, Pelatih dari Polres Maros Aipda Mulyadi mengatakan bahwa kami diberi waktu dari pemerintah selama 21 hari untuk membina dan membentuk serta melatih calon peserta.

“Jadwal kegiatan telah kami susun dan kami siap menampilkan yang terbaik untuk HUT RI Ke 78,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *