Karaeng Kio Diuntungkan Citra Keberlanjutan Pemerintah Gowa

Pilkada 2024170 Dilihat

INDEPENDENews.com, GOWA – Bakal calon bupati Kabupaten Gowa, Sulsel, Abdul Rauf Mallagani Karaeng Kio, dinilai sebagai figur yang merepresentasikan keberlanjutan rezim Adnan Purichta Ichsan.

Hal ini dianggap akan memberi efek elektoral terhadap Karaeng Kio yang selama 10 tahun mendampingi Adnan sebagai wakil Bupati Gowa.

Pengamat politik Unismuh Makassar, Dr. Abdi menjelaskan, pemilih pada umumnya akan sulit move on dari figur yang sudah diraih oleh pemimpin sebelumnya.

“Kalau kita bicara Pilkada Gowa ini tidak bisa lepas dari keberlanjutan pemimpin sebelumnya. Sustainability itu katakanlah Pak Abdul Rauf Mallagani, karena dia sudah tidak bisa sebagai 02,” kata Abdi dalam diskusi Mencari Pemimpin Butta Gowa yang digelar Komunitas Jurnalis Politik di Gowa, Kamis (25/7/2024).

Senada dengan Abdi, pengamat politi Profetik Institute Asratillah menilai Karaeng Kio mencitrakan dan dianggap sebagai figur pelanjut kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan di Gowa.

“Karaeng Kio ini selalu melekatkan diri sebagai penerus Adnan. Dan itu bisa memberi efek positif kepada pak Karaeng Kio. Saya melihat juga itu bagian dari strategi komunikasi politik beliau,” kata Asratillah.

Asratillah berpendapat, Karaeng Kio harus memastikan partainya sebagai bakal calon Bupati Gowa jika ingin menambah elektoral. Saat ini, kata Asratillah, tingkat elektoral wakil Bupati Gowa itu masih cukup tinggi.

“Survei Karaeng Kio cukup tinggi. Beliau kalau partainya sudah pasti, ini bisa memberi efek elektoral nantinya,” jelas Asratillah.(*)