Real Count KPU Dapil 1 Makassar 42,72%: PKB Memimpin, Disusul Nasdem dan Golkar

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – KPU lewat situs resminya memperbarui data real count Pemilu 2024. Data terbaru untuk Dapil 1 Makassar menunjukkan suara masuk dari 311 dari 728 TPS atau 42,72 persen.

Dilansir dari situs pemilu2024.kpu.go.id, data diperbarui pukul 16.00 Wita, Senin (19/2/2024), tampak PKB memimpin dengan perolehan 7.386 suara disusul Nasdem 6.358 suara dan Golkar 5826 suara.

Adapun calon anggota legislatif (Caleg) pemilik suara tertinggi di internal PKB yakni dr Fahrizal Arrahman Husain dengan perolehan sementara 4.171 suara.

Sementara Caleg Golkar dengan suara tertinggi yakni Ruslan Mahmud dengan perolehan 2.014 suara. Sedangkan perolahan suara tertinggi di internal Nasdem adalah petahana Irwan Djafar dengan 2.744 suara.

Para caleg di dapil yang meliputi Kecamatan Ujungpandang, Makassar, dan Rappocini akan memperebutkan 9 kursi. Berdasarkan data sementara tersebut, diprediksi PKB akan mengunci kursi pertama.

Hampir pasti dr Fahrizal akan membuat sejarah baru untuk PKB Makassar. Pasalnya, PKB selama ini nihil kursi di dapil tersebut.

Putra Rektor UNM Prof Husain Syam itu mengklaim suara yang dihimpun dari saksi internalnya sudah mencapai 12 ribu suara. Jika tidak melenceng maka dr Farizal akan mencetak sejarah di Pileg DPRD Makassar.

Di Pemilu 2019 lalu, suara tertinggi didapatkan oleh politisi Partai Demokrat, Ray Suryadi 8.741 suara.

Dengan demikian, Fahrizal Arrahman Husain berpeluang menjadi caleg peraih suara tertinggi sepanjang sejarah di Makassar.

“Hari ini saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungannya kepada saya,” kata dokter Fahrizal kepada wartawan, kemarin.

“Alhamdulillah berdasarkan rekap tim internal, dukungan yang kita peroleh sudah mencapai 12 ribuan. Angka ini masih berpotensi bertambah ke depan,” sambung dr Fahrizal.

dr Fahrizal melanjutkan, tim internal masih terus menghitung sampai hari ini.

Menurutnya, 12 ribu suara tersebut baru diperoleh dari 575 TPS.

“Masih ada sekitar ratusan TPS belum kita rekap,” ujar dr Fahrizal.

Meski demikian, dr Fahrizal mengajak seluruh tim dan relawan untuk tidak bergembira dulu.

Ia mengajak tim dan relawannya menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU.

“Yang terpenting terima kasih atas dukungan 12 ribu suara ini. Insyaallah saya akan gunakan amanah ini untuk memajukan pelayanan kesehatan di Kota Makassar,” ujar dr Fahrizal.

Sebelumnya PKB tidak punya kursi DPRD Makassar dapil 1 selama ini. Fahrizal akan menjadi politisi PKB pertama pecah telur di Dapil 1 DPRD Makassar.