Survei CRC: Andi Yuliani Paris-Muhammad Aras Masuk 9 Caleg Lolos Dapil Sulsel II

INDEPENDENews.com-Survei terbaru Celebes Research Center (CRC) mengenai calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan (Sulsel) II, telah merilis pada bulan Februari 2024.

Survei tersebut dilakukan secara serentak dalam rentang waktu 3 hingga 10 Februari 2024, dengan populasi survei meliputi seluruh warga yang berhak memilih di Dapil II DPR RI Sulsel yang memiliki KTP atau hak pilih.

Sebanyak 1.000 responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Margin error atau toleransi kesalahan survei ini adalah sebesar 3,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di posisi kesepuluh, terdapat Teguh Iswara Suardi, seorang Caleg DPR RI dari Partai Nasdem dengan nomor urut 1, yang berhasil meraih tingkat elektabilitas sebesar 2,80 persen.

Teguh adalah anak ketiga dari Bupati Barru, Suardi Saleh, dan drg Hj Hasnah Syam MARS, dengan latar belakang sebagai seorang arsitek yang menyelesaikan studinya di Belgia.

Sementara itu, di posisi kesembilan terdapat Muallim Tampa, Caleg DPR RI dari Partai NasDem dengan nomor urut 7, yang mendapatkan tingkat elektabilitas sebesar 3,10 persen.

Diikuti oleh Hatta Rahman dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai mantan Bupati Maros dua periode dengan tingkat elektabilitas 3,20 persen di posisi kedelapan.

Posisi ketujuh diduduki oleh Nurdin Halid dari Partai Golkar, seorang politisi yang telah dikenal luas di Sulsel dan memiliki pengalaman politik nasional. Dengan elektabilitas sebesar 3,80 persen, Nurdin Halid pernah menjadi kontestan dalam Pemilihan Gubernur Sulsel pada tahun 2018 dengan perolehan suara mencapai 1,1 juta.

Di atasnya, terdapat Taufan Pawe, juga dari Partai Golkar, yang meraih elektabilitas yang sama dengan Nurdin Halid, yakni 3,80 persen. Taufan Pawe merupakan mantan Wali Kota Parepare dua periode dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Pada posisi kelima, terdapat Supriansa, anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, dengan tingkat elektabilitas 4,00 persen. Supriansa merupakan putra Soppeng yang pernah menjabat sebagai Wakil Bupati, mendampingi Kaswadi Razak.

Muhammad Aras, seorang politisi dari PPP, menduduki posisi keempat dengan elektabilitas sebesar 4,1 persen. Aras, yang lahir di Soppeng pada tanggal 12 Agustus 1970, saat ini menjabat di Komisi V DPR RI sejak tahun 2019.

Posisi ketiga diduduki oleh Andi Yuliani Paris dari Partai Amanat Nasional (PAN), seorang petahana DPR RI tiga periode dengan elektabilitas sebesar 6,90 persen. Sedangkan, runner-up dipegang oleh Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan, dengan elektabilitas 7,20 persen. Iwan Aras juga merupakan petahana DPR RI dan saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI.

Sementara itu, peringkat pertama ditempati oleh Andi Amar Ma’ruf Sulaiman, seorang calon legislator muda dari Partai Gerindra, dengan elektabilitas tertinggi mencapai 9,30 persen.(*)