Mantan Marbot Masjid Adi Akbar Berjuang Raih Asa Jadi Legislator DPRD Kota Makassar

INDEPENDEnews.com, Makassar– Calon legislator dewan perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Adi Akbar SPd MM saat ini berjuang untuk terpilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Alumnus Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) ini sudah sosialisasi di daerah pemilihan Makassar 5 melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dapil ini meliputi kecamatan Mamajang, Mariso dan Tamalate.

Adi Akbar sedang kampanye di sebuah lorong Kelurahan Parang Tambung, Kamis (18/1/2024).

Sore itu, sehabis salat Asar, dia datang ke rumah salah satu warga Kelurahan Parang Tambung di Jl Dg Tata 3.

Sudah ada ratusan emak-emak dan bapak-bapak menunggunya.

Setelah beberapa sambutan dari tokoh masyarakat, tibalah waktunya Sarjana Pendidikan ini sampaikan gagasannya ketika menjadi seorang legislator DPRD Kota Makassar periode 2024-2029.

Dia memperkenalkan dirinya berasal dari keluarga biasa, sama dengan warga yang hadir.

Saat kecil, dia sudah terbiasa untuk bekerja fisik. Tak hanya itu, dia juga memilih untuk selalu mengurus masjid.

Selama 13 tahun dia mengurus masjid.

“Waktu kecil saya jualan kue, saya pernah menjadi Marbot Masjid Anny Mujahidah Rasunnah di Jalan Daeng Tata 3 selama 13 tahun setelah itu bekerja di rumah makan milik orang lain,” tuturnya.

Saat masih muda demi membantu perekonomian keluarga, dia bekerja sebagai pelayanan di Coto Daeng.

Kemudian, dari situ dia belajar manajemen mengelola restoran.

Sehingga, dia pun membangun usaha sendiri bernama Bone Tamparang.

Setelah itu, dia pun merasakan kegelisahan ketika bertemu dengan keluarga dan tetangganya.

Sebab, masih banyak keluarga dan tetangga merasa kesulitan dalam hidup.

Ada suatu waktu, seorang keluarga datang kepadanya. Merasakan kesulitan dalam mengantar jenazah.

“Beberapa tahun lalu saya melihat ada keluarga yang membutuhkan layanan kedukaan tetapi karena keterbatasan ekonomi mereka tidak sanggup untuk menyiapkan keperluan jenazah keluarganya,” kata Akbar Daeng, sapaan akrabnya.

Ia pun tanpa pikir panjang langsung memberikan Rp2 juta kepada keluarga.

“Akhirnya, jenazah almarhum dapat dibawa ke kuburan karena diluar kota,” katanya.

Adi Akbar masih belum tenang, dia ingin membantu orang sebanyak mungkin.

Sehingga pada tahun 2018, dia mendirikan sebuah Yayasan.

“Yayasan Akbar Daeng yang berdiri sejak 2018 fokus pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, salah satunya layanan kedukaan dengan menyediakan kain kafan dan peralatan bagi orang yang meninggal, selain itu Yayasan juga memberikan fasilitas tenda, kursi, dan ambulance bagi warga yang kurang mampu,” tutur Adi Akbar.

Adi Akbar yang akrab disapa Akbar Daeng sangat senang jika bisa ikut berperan membantu masyarakat.

“Saat itu timbul inisiatif untuk membantu keluarga tersebut. Hal itulah yang mendasari didirikan Yayasan Akbar Daeng yang hingga kini masih terus berjalan,” tambahnya.

Selain mendirikan Yayasan Sosial, Adi Akbar juga dikenal sebagai pengusaha kuliner yang meniti karir usahanya dari nol.

Pengalaman yang didapatkan saat bekerja di rumah makan sangat memotivasi dan menginspirasinya untuk membuka usaha sendiri. Apalagi pemilik rumah makan tersebut banyak mengajarkan hal yang positif dalam berbagai hal.

“Bos saya dulu itu sangat suka membantu orang lain, saya selalu di utus saat akan menyalurkan bantuannya . Sering terbayang kapan ya saya bisa seperti itu ?” tutur Adi Akbar.

Pendiri Yayasan Akbar Daeng ini selalu menjalankan amanah dengan baik ketika menyalurkan bantuan yang diamanatkan kepada dirinya dan selalu mengenang masa-masa itu.

“Saya juga ingin bisa membantu banyak orang melalui apa yang saya miliki sendiri baik materi maupun dalam bentuk yang lain, saya selalu berdoa untuk itu,” kata Adi Akbar.

“Dengan keyakinan yang besar saya mencoba membuka usaha sendiri dengan modal yang dipinjamkan dari beberapa orang teman,” ujarnya.

Dari usaha yang dirintisnya kini Adi Akbar mempunyai rumah makan di beberapa tempat.

Disisi lain, ketika memutuskan untuk maju sebagai caleg DPRD Kota Makassar , Adi Akbar melihat banyak kesamaan visi misi PKS sejalan dengan apa yang menjadi agenda program Yayasan yang didirikannya.

”Ketika datang tawaran untuk jadi caleg PKS lama saya pertimbangkan, namun ada suatu saat seolah ada bisikan dalam hati untuk menerima tawaran tersebut,” ungkapnya.

“Visi Misi PKS sangat bagus dan sejalan dengan yayasan,”tambahnya.

Adi Akbar mengatakan jika terpilih nanti selain fokus di bidang sosial, ia juga akan fokus di bidang pendidikan, dan pengembangan soft skill untuk generasi muda yang santun sehingga mencetak generasi yang kompeten dan berakhlak baik.

“Jika terpilih nanti, saya tidak akan ambil gaji selama menjabat jadi anggota dewan tapi akan langsung di salurkan untuk kegiatan sosial melalui yayasan Akbar Daeng yang didirikannya,” tutup Adi Akbar. (*)