Lewat Raker dan Ideopolitor, HW Sulsel Komitmen Cetak Kader Tangguh

Sulsel155 Dilihat

INDEPENDENews.com – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Kwartir Wilayah Sulawesi Selatan menggelar Rapat Kerja dan Ideopolitor.

Kegiatan ini berlangsung di Balai Latihan Kerja Pesantren Hizbul Wathan Muhammadiyah Sulsel, Gowa, Sabtu (25/5/2024) kemarin.

Kegiatan itu diikuti oleh Pimpinan Kwarwil HW Sulawesi Selatan beserta Internal Kwartir Wilayah Unit Pembantu Kwartir (UPK).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Dr. Dahlan Lama Bawa mengatakan Ideopolitor atau ideologi, politik dan organisasi menjadi sangat penting karena menjadi awal perjalanan periodesasi HW Sulsel di periode 2023-2028.

“Melalui Ideopolitor, kami berharap setiap Pimpinan di Hizbul Wathan dapat memperkuat ideologi kaderisasi sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna. Politik yang dimaksud adalah sulthonan nasiroh sebagai penguasa yang menolong agar kebatilan bisa dilenyapkan dan organisasi melahirkan kader-kader HW Muhammadiyah yang berkualitas,” kata Dahlan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Wilayah Hisbul Wathan Sulsel, Ramanda Syahrir Rajab, S.Pd., mengatakan HW harus menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat dan bangsa.

Dia menyampaikan, ke depan sasaran pengembangan Hizbul wathan, yakni ke remaja masjid dan taman pendidikan Al-Qur’an.

”Karna kita tahu jenjang golongan usia di HW itu ada golongan athfal dan pengenal. Karena dari itu, di remaja masjid ada penghela dan penuntun. Makanya, pengembangan berbasis masjid kita awali dari Masjid Muhammadiyah. Kemudian berkembang ke masjid yang dibina pimpinan rantin,” terang Ramanda Syahrir.

Tampak hadir dalam acara itu Pimpinan Ponpes Hizbul Wathan, Dr. Ahmad Yasser Mansyur, M.Psi.

Peserta dalam rapat kerja tersebut berkemah selama dua hari di Lapangan Pesantren Hizbul Wathan. (*)