Pj Gubernur-Kanwil Agama Sulsel Tonang Kompak Peringati Nuzulul Qu’an

Berita Utama, Sulsel195 Dilihat

INDEPENDENews.com – Pj. Gubernur Sulsel A. Bachtiar Baharuddin bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Muhammad Tonang kompak menggelar kegiatan Nuzulul Quran 1445 H.

Kegiatan yang turut pula dihadiri Pimpinan Forkopimda Sulsel, Walikota Makassar, Sejumlah Rektor dan Ribuan Jemaah ini berlangsung di Masjid 99 Kubah Makassar, Sabtu (30/3/2024).

A. Bachtiar Baharuddin turut memberikan ucapan selamat kepada H. Muhammad Tonang yang baru saja dilantik menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan oleh Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas pada tanggal 26 Maret 2024 lalu di Jakarta.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Sulsel H. Muh.Tonang dalam sambutannya berharap Peringatan Nuzulul Quran ini menjadi spirit dalam momentum pengelolaan Masjid Kubah 99 utamanya dalam mengayomi berbagai mazhab dan paham keagamaan serta mengedepankan dakwah Washatiyah atau Moderat.

“Apa yang dilakukan oleh DKM masjid 99 Kubah ini sejalan dengan program prioritas Kementerian Agama dibawah Kepemimpinan Gus menteri yakni Moderasi beragama,” papar Muh. Tonang

Kakanwil Kemenag Sulsel berkomitmen untuk mendukung program DKM 99 Kubah dalam memberikan layanan keagamaan kepada masyarakat Sulsel.

Pj. Gubernur Sulsel A. Bachtiar Baharuddin pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa program DKM 99 Kubah ini diharapkan memberikan dampak besar dalam pembinaan umat.

“Mari bersama makmurkan Masjid Kubah 99 yang menjadi salah satu Icon dan destinasi wisata religi di Sulsel, dengan mendukung berbagai program dan kegiatan yang berimplikasi positif dalam menanamkan nilai nilai Islam yang rahmatan Lil Aalamin,’’ Pinta Pj. Gubernur.

Sementara itu Ketua MUI Kota Makassar Anregurutta KH. Baharuddin HS dalam tausiyahnya menegaskn bahwa Alquran yang menjadi kitab suci Umat Islam ini telah dijamin oleh Allah SWT sejak diturunkannya sampai hari Kiamat nanti akan tetap terjaga keasliannya, berbeda dengan kitab suci sebelumnya.

Menurut Rois Syuriyah PCNU Kota Makassar ini, bahwa Alquran selain menjadi Kitab Suci bagi Umat Islam yang diturunkan ke Rasulullah Muhammad SAW, Kitab Suci ini juga sekaligus menjadi Mukjizat terbesar Rasulullah.

Acara Peringatan Nuzulul Quran ini diakhiri dengan Pengumumam dan penyerahan hadiah dari Gubernur Sulsel kepada para pemenang dalam Lomba Gebyar Ramadan 1445 H yang digelar oleh DKM 99 Kubah. (*)