HAB 78 Tingkat Provinsi di Pangkep, Bupati Muhammad Yusran Lalogau: Siap Sukseskan!

PANGKEP, INDEPENDENews.com – Kabupaten Pangkep mendapat kehormatan dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama tingkat provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam rapat koordinasi di Gedung Baruga Batara Siang Rujab Bupati Pangkep yang dihadiri Kakanwil Kemenag, Bupati Pangkep, dan seluruh kepala Kemenag Kabupaten/Kota, Jum’at (1/12/2023).

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau menyatakan kesiapan daerahnya menjadi tuan rumah.

Ia berjanji akan berupaya semaksimal mungkin mensukseskan hajatan besar tahunan seluruh warga kementerian agama ini, khususnya di Sulsel.

“Kami akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu para tamu nantinya,” tuturnya.

Pemerintah daerah, lanjut MYL berkomitmen membangun kehidupan keberagamaan di masyarakat dengan membangun sinergi dan kolaborasi dengan kemenag , termasuk supporting anggaran.

“Selama ini Pemda dan masyarakat pangkep sudah merasakan sinergi positif dengan Kementerian Agama, semoga ini bisa berlanjut terus menerus dan semakin baik,” tambahnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pangkep Nur Halik selaku tuan rumah pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 78 Tingkat Provinsi melaporkan telah menyiapkan masing-masing 7 rumah penduduk sebagai Pemondokan bagi kontingen dari tiap-tiap kabupaten/kota se Sulsel.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati dan Pemda Pangkep atas kesediaan dan kesiapannya menjadi tuan rumah pelaksanaan HAB 78 Kemenag tingkat Provinsi.

“Terima kasih atas respon dan supportnya pak bupati, semoga menjadi ladang keberkahan dan kesuksesan bagi kabupaten Pangkep,” ucap Khaeroni.

Gelaran HAB ini, sebut Khaeroni bukan merupakan kegiatan hura-hura, tapi dibalik itu akan tercermin kolaborasi dan sinergi antara Kemenag dengan Pemda serta stakeholder lain dalam berbagai program.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwill Kemenag Sulsel, Wahyuddin Hakim selaku Ketua Panitia HAB Tingkat Provinsi ke-78 tahun 2024 menyampaikan bahwa yang menjadi pembeda pada HAB kali ini adalah selain Porseni yang diisi dengan sejumlah pertandingan olah raga dan lomba seni, juga digelar Expo.

“Gelaran expo ini sifatnya wajib pada HAB 78, sehingga diharpkan seluruh kabupaten/kota ikut berpartisipasi,” ujar Wahyuddin.

Menutup laporannya, Wahyuddin Hakim mengatakan bahwa tenda untuk mendukung pelaksanaan expo ini akan disiapkan oleh Bupati Pangkep dan akan dipasang di alun-alun Kota Pangkep sebagai tempat digelarnya expo tersebut.

Puncak Hari Amal Bakti ini akan digelar selama empat hari pada tanggal 7-10 Januari 2024 dengan mengelar Jalan Santai kerukunan umat bergama, Ekspo Pameran Kemenag, Pekan Olahraga dan seni yang terpusat di Tribun Citra Alun Alun Pangkep. (Rls)