SMP Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Cetak Hafidz Lewat Parade Tasmi Al-Qur’an

Berita Utama2585 Dilihat

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – SMP Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar menggelar kegiatan parade Tasmi’ Al-Qur’an & Hadis yang diikuti oleh para santri ini berjalan lancar.

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Darul Arqam Gombara Muhammadiyah, Jl. KH. Abd Jabbar Asyiry Makassar, Kamis-Jumat 9-10 Februari 2023.

Kepala SMP Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar Ust. Martono Abi Ahsan, M.Pd menyampaikan kegiatan Tasmi’ Al Qur’an & Hadis merupakan kegiatan memperdengarkan hafalan yang dimiliki tiap santri di hadapan Mustami’ baik dari kalangan Ustadz-Ustadzah dan santri lainnya.

“Sekali duduk, santri yang ditunjuk secara bergilir akan mentasmi’kan 1 atau beberapa juz qur’an, Dan mentasmi’kan minimal 15 Hadis Pilihan. Ustadz dan santri lainnya menyimak dan mengoreksi bila terjadi kesalahan,” tuturnya.

Ustad Martono menyebut bahwa Tasmi’ Al-Qur’an ini bertujuan memperkuat hafalan para santri dan menjadi pendorong semangat bagi santri lainnya.

“Dengan kegiatan tasmi’ ini diharapkan mampu mendongkrak semangat untuk terus menambah dan memperkuat hafalan Qur’an (mutqin) dan juga hafalan Hadis yang merupakan program unggulan sekolah dan pesantren. Tasmi’ juga merupakan sarana mengasah mental agar santri terbiasa tampil didepan umum,”

Lewat kegiatan ini menurutnya, terus komitmen untuk mencetak para hafidz al-qur’an dan hadist.

“Dan semoga mereka tidak hanya mampu menghafalkan isi Al-Qur’an dan hadis, tetapi juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup,” harapnya.

Diketahui kegiatan parade tasmi ini sudah dilakukan 4 kali yang digelar setiap semester sebelum penerimaan raport yang diikuti sekitar 80 peserta setiap angkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *