Tingkatkan Keamanan Warga, Keluruhan Bontoa Mandai Bentuk Polisi RW

Berita Utama1536 Dilihat

MAROS, INDEPENDENews.com – Polsek Mandai bersama jajaran Kelurahan Bontoa Kecamatan Mandai Kabupaten Maros menggelar sosialisasi dan perkenalan Polisi RW di Aula Kantor Lurah Bontoa Mandai, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan ini dibuka Wakapolsek Mandai IPTU Gunawan Rasyid, dipandu Lurah Bontoa Mandai M Ilham Halim didampigi Bhabinkamtibmas Bontoa Mandai Aipda Herman.

Kanit Bhabinkamtibmas Polsek Mandai Aiptu Yusuf Habib sebagai pemateri sosialisasi menyampaikan bahwa program Polisi RW dibentuk untuk meningkatkan kualitas keamanan dan pelayanan kepada masyarakat.

Melalui program ini, Kepolisian berkomitmen untuk mendekatkan diri dengan warga serta memperkuat sinergi antara polisi dan masyarakat di tingkat lingkungan RW.

“Polisi RW merupakan program Bapak Kapolri sebagai upaya untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat, bermitra dengan masyarakat, mengidentifikasi permasalahan Kamtibmas dan mengatasi masalah sosial. Serta mendukung fungsi Kepolisian lainnya untuk meningkatkan efektifitas penerapan tugas Polisi masyarakat di setiap wilayah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, program Polisi RW merupakan inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat peran kepolisian dalam menjaga keamanan di tingkat Rukun Warga (RW) atau lingkungan.

Dalam program ini, anggota kepolisian secara rutin melakukan sosialisasi, diskusi, serta penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban kepada masyarakat di RW.

Sementara, Wakapolsek Mandai IPTU Gunawan Rasyid berharap masyarakat dapat turut berperan serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban di RW masing-masing.

“Diharapkan dengan adanya Polisi RW mampu meningkatkan interaksi antara Polisi dengan masyarakat untuk memecahkan permasalahan secara bersama di lingkungan RW,” ucapnya.

Lurah Bontoa Mandai, M Ilham Halim mengapresiasi terbentuknya Polisi RW, sebab membantu tugas pembinaan kewilayahan. Terutama dalam menciptakan dan menjaga kondisi Kamtibmas. Apalagi dengan tipikal wilayah perkotaan, dinamika masyarakat di Kelurahan Bontoa Mandai cukup tinggi.

“Jika selama ini fungsi pembinaan kewilayahan kita lakukan bersama Pilar Kelurahan, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Babinpotdirga, kita berharap dengan kehadiran Polisi RW tugas pembinaan tersebut dapat semakin efektif. Para Ketua RW dan RT terus berkomunikasi, bekerjasama dan berkolaborasi dengan Polisi RW dalam penanganan permasalahan kemasyarakatan sebagai perangkat di RW,” papar alumni ilmu pemerintahan Unhas ini.

Ia juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan sosialisasi dan perkenalan ini, pihaknya secara resmi menerima para Polisi RW untuk memulai bertugas di wilayah kerjanya, yang memiliki 8 RW.

“Bahwa saya serahkan juga secara resmi Polisi RW ini ke masing-masing Ketua RW untuk berkoordinasi, bekerjasama dan bersinergi dalam menjalankan tugas pembinaan kemasyarakatan dan kewilayahan,” pungkas mantan staf Humas Pemkab Maros ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *