Tinggalkan PPP, Usman Sofyan Kembali ke Partai Golkar

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – Usman Sofyan, yang juga dikenal sebagai Uso, telah kembali bergabung dengan Partai Golkar.

Setelah sebelumnya berpindah ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pindahannya ke PPP bahkan ditandai dengan memakai jas hijau yang diberikan oleh Wakil Ketua DPP PPP, Amir Uskara, di Ruang Fraksi PPP DPR RI pada Jumat, 24 Maret 2023.

Namun, setelah delapan bulan atau 194 hari menjadi bagian dari PPP.

Uso telah memutuskan untuk kembali ke Partai Golkar.

Dia bahkan sudah terdaftar sebagai calon anggota legislatif (Caleg) di DPRD Dapil II Sulsel atau Dapil Makassar B.

Dapil ini mencakup pemilih dari Kecamatan Panakkukang, Manggala, Biringkanaya, dan Tamalanrea, di mana Uso akan menjadi penantang petahana dari Golkar, Rahman Pina.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Sulsel, La Kama Wiyaka, mengungkapkan bahwa kepulangan Uso ke Partai Golkar terjadi saat proses penetapan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024.

“Uso akan menempati nomor urut dua dalam DCT, sementara nomor urut satu diisi oleh petahana Rahman Pina, yang juga merupakan Ketua Fraksi Golkar di DPRD Sulsel,” ungkapnya, Rabu (4/10/2023).

Hingga saat berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari sekretaris DPC PPP Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy (RTQ), terkait kepindahan Uso.

Perlu dicatat bahwa Usman Sofyan bukanlah sosok baru di Partai Golkar.

Sebelumnya dia menjabat sebagai Ketua Bappilu Partai Golkar Makassar dan telah berkontribusi dalam membantu Partai Golkar meraih kursi pimpinan DPRD Makassar pada Pemilu 2019.

Dimana Golkar mendapatkan 5 kursi dan berada di posisi keempat setelah Nasdem, Demokrat, dan PDIP yang masing-masing mendapatkan 6 kursi.