Tim PKM-PM “Akkarena” Unhas Gelar Program Bina Diri Anak Tunagrahita

Kampus1267 Dilihat

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – Tim Delegasi Universitas Hasanuddin dalam Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) “Akkarena” menggelar kegiatan pengabdian.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan bersama anak tunagrahita di SDLB Laniang di Jl. Laniang AA Blok AA No.9, Tamalanrea, Makassar, Minggu (1/10/2023).

Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daily living skills (bina diri) anak tunagrahita menggunakan metode gamifikasi.

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki intelegensi dibawah rata-rata anak normal dan memiliki tingkat adaptasi yang kurang baik terhadap suatu hal.

Karena faktor tersebut, kemampuan kognitif dan motorik yang dimiliki anak tunagrahita menjadi sulit untuk berkembang.

Kemampuan motorik dan kognitif sangat penting dalam menunjang daily living skills atau kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri.

Ketua Tim Akkarena, Faiqah Nur Fadhila mengatakan bahwa tujuan program ini adalah untuk meningkatkan daily living skills siswa(i) tunagrahita SDLB Laniang.

“Melalui metode pembelajaran yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi program bina diri yang atraktif bagi murid,” katanya.

Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat merupakan program yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia untuk mengasah kreativitas mahasiswa.

“Program ini bertujuan agar mahasiswa memiliki wadah dalam meningkatkan kreativitas, menuangkan gagasan, serta mengasah kepekaan mahasiswa untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang hadir di masyarakat utamanya tentang kesehatan,” imbuhnya.

Diharapkan dengan terlaksananya program ini, guru tidak lagi kebingungan dalam mencari metode pembelajaran yang menarik dan siswa tidak lagi bosan dan kehilangan motivasi belajar akibat dari metode pembelajaran yang konvensional.