Terus Jaga Nilai Budaya, Kerajaan Adat Marusu Sambut Camat Maros Baru

Maros563 Dilihat

MAROS, INDEPENDENews.com – Kerajaan Adat Marusu menggelar penyambutan pejabat baru di Balla Lompoa Kassi Kebo Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros, Senin (14/8/2023) kemarin.

Karaeng Marusu ke-24, Andi Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja memimpin prosesi penyambutan secara adat kepada Camat Maros Baru, H Andi Abbas Maskur Petta Ranreng, sebelum menjalankan tugas.

Prosesi diawali dengan penyambutan di depan tangga rumah adat dan mengantar naik ke dalam rumah. Setelah itu pemasangan songkok adat dan anggaru. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah tamah.

Turut hadir dalam penyambutan ini, Lurah Baji Pa’mai, M Ilham Halim Syah, yang juga akan memulai menjalankan tugas di Kecamatan Maros Baru. Juga para Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Maros Baru, tokoh adat serta tokoh masyarakat.

Karaeng Marusu ke-24, Andi Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja menyampaikan acara ini merupakan tradisi dalam menyambut pejabat baru terutama kepala wilayah yang akan bertugas, khususnya di Kecamatan Maros Baru.

“Tradisi penyambutan ini juga sebagai sarana menjalin silaturahmi, kerjasama dan sinergitas dalam pembangunan wilayah, sebab keberadaan lembaga adat atau lembaga kekaraengan sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan terutama pembangunan kemasyarakatan guna menjaga nilai-nilai budaya dan kebudayaan,” ujarnya.

Sementara, Camat Maros Baru, H Andi Abbas Maskur Petta Ranreng menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penyambutan oleh Karaeng Marusu.

Penyambutan ini juga merupakan ajang mengenalkan diri sebelum bertugas di wilayah Kecamatan Maros Baru.

“Acara ini menjadi silaturahmi awal sebelum menjalankan tugas dan amanah sebagai kepala pemerintahan dan pembina kewilayahan di Kecamatan Maros Baru. Kami berharap dalam menjalankan tugas, senantiasa mendapat dukungan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sebelum menghadiri acara silaturahmi dan penyambutan ini, Camat dan Lurah mengikuti penyematan tanda jabatan oleh Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam di Lapangan Pallantikang Kantor Bupati Maros.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *