Tarian Kolosal Binaan Dinas Pendidikan Memukau Ribuan Penonton di F8 Makassar 2023

Berita Utama, Makassar1413 Dilihat

Makassar, INDEPENDENews.com- Dinas Pendidikan Kota Makassar ikut berkontribusi dalam Makassar Internasional Eight Festival (F8) Makassar 2023, Rabu (23/8/2023) malam.

Tari kolosal bertajuk Pa’rimpungang ri Mangkasara berhasil memukau para tamu dan ribuan penonton pembukaan gelaran F8 Makassar 2023 adalah binaan Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Dengan apik ratusan penari yang merupakan binaan Dinas Pendidikan Kota Makassar itu mampu menarik perhatian seluruh tamu dan undangan serta penonton yang memadati pantai Losari Makassar.

Riuh tepuk tangan menyambut tarian yang menjadi pembuka rangkaian gelaran festival yang menampilkan 8 sub sektor ekonomi kreatif yang akan ditampilkan di acara ini, yakni Food and Fruit, Fashion, Fiction Writers, Fine Art, Fusion Music, Film, Folks, dan Flora Fauna.

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin, menjelaskan tarian ini merupakan tari kreasi yang menggambarkan keanekaragaman budaya daerah Sulawesi Selatan yang ada di Kota Makassar.

“Penarinya semua anak-anak dari sekolah SMP se- Makassar. Tarian ini merupakan seni tari baru dari lagu Pa’rimpungang ri Mangkasara yang kita aransemen sehingga sedikit lebih modern,” jelas Muhyiddin.

Muhyiddin melanjutkan, melalui koreografinya, tarian ini mengirim pesan dengan harapan masyarakat selalu menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dalam membangun kota Makassar dengan prinsip Toddopuli atau Abbulo Sibatang yang dilihat dengan sesuainya perkataan dan perbuatan.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menuturkan Makassar F8 sebagai acara tahunan yang menampilkan semua potensi seni dan pariwisata yang tentunya tidak lepas dari partisipasi dan kreativitas kalangan para pemuda.

Sehingga, dirinya berharap dengan adanya acara F8 ini menjadi ajang bagi Makassar semakin mengenalkan ragam budaya Makassar kepada dunia.

Apalagi, pembukaan Makassar F8 ini dihadiri oleh sebanyak sebelas negara dari Asia dan Eropa

“F8 adalah lokalisasi yang mengglobal. F8 adalah anak muda, kita lihat mulai dari di belakang panggung sampai pertunjukan pembukaan kita anak muda semua,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *