Prodi S2 Unisa Yogyakarta IPP ke Taiwan

Pilkada 2024225 Dilihat

Independenews.com, Yogyakarta – Program Magister Kebidanan Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta terus berupaya mencapai visi dan misinya melalui penyelenggaraan mata kuliah International Practice Project (IPP).

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa melakukan kegiatan tridarma perguruan tinggi pada tingkat internasional, termasuk kunjungan ke berbagai negara.

Pada tanggal 12 hingga 26 Mei 2024, Program Magister Kebidanan UNISA mengirimkan 10 mahasiswa bersama 1 dosen pendamping untuk mengikuti kegiatan IPP di National Taipei University of Nursing and Health Sciences (NTUNHS) di Taiwan.

Dosen pendamping yang mendampingi adalah Endang Koni Suryaningsih SST MSc N-M PhD.

Sementara mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Enggar Avilia, Desi Ratnasari, Devi Hartati, Khilda Durrotun Nafisah, Silviatul Amalia, Enggar Avilia, Jusrawati, Widya Rahayu, Kartika Yuliadia, Siti Nurul Fadillah Sari, dan Novita Andriani Br. Manjorang.

Endang Koni Suryaningsih menyatakan bahwa pengalaman IPP ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi mahasiswa S2 Kebidanan UNISA.

“Melalui program ini, mahasiswa dapat memperoleh berbagai pengalaman berharga yang akan sangat bermanfaat dalam karir kebidanan mereka di masa depan,” ujar Endang.

Selama di NTUNHS, para mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan, termasuk kunjungan klinik ke BEST Midwifery Clinic dan Eugene Postpartum Care Center.

Selain itu, proses belajar mengajar dilakukan langsung oleh dosen NTUNHS yang memperkenalkan budaya dan sistem pendidikan kebidanan di Taiwan.

Mahasiswa UNISA juga berkesempatan melaksanakan presentasi oral internasional dari hasil riset yang telah mereka lakukan serta diskusi kelompok dengan mahasiswa kebidanan NTUNHS.

Kegiatan International Practice Project ini menjadi salah satu langkah nyata dalam upaya UNISA untuk memberikan pengalaman pendidikan yang berkualitas dan berskala internasional bagi mahasiswanya.(*)