Ponpes Darul Aman Gombara Gelar Penamatan Santri 2023, Diharap jadi Sulu Peradaban

Berita Utama2025 Dilihat

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Kota Makassar menggelar acara Penamatan Angkatan ke- 29 dan Wisuda Tahfidzul Qur’an Tahun 2023.

Acara berlangsung meriah mulai pagi hingga siang hari, ini digelar di Kampus 2 Pondok Pesantren Darul Aman Gombara, Jl. KH. Abd Jabbar Asyiri, Sudiang Makassar, Minggu (7/5/2023).

Acara dimulai dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh santri takhasus yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ketua Panitia Penamatan Ustad Rahmat Ardiansya, S.IP., M.Si menyampaikan bahwa sebanyak 129 santri/santriyah ditamatkan yaitu terdiri dari 69 santri dan 60 santriyah.

“Adapun santri/santriyah yang diwisuda sebanyak 36 santri/santriyah, terdiri dari 29 putra dan 7 putri yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz,” katanya.

Ia pula turut menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini serta para undangan yang hadir.

Ustad Rahmat Ardiansya berpesan dan berharap, agar kelak para wisudawan/wisudawati menjadi zulu peradaban.

“Menjadi katalisator dan penggerak ummat, pengemban dan pemikul beban yang kokok yang kelak membawa arah baru bagi kemajuan ummat dan bangsa Indonesia di masa akan datang,” harapnya.

Terpisah, Direktur Pondok Pesantren H.M Yusuf Mantasya, Lc dalam kesempatan ini berpesan bahwa proses belajar di pondok memang sudah selesai. Namun proses selanjutnya tentu lebih berat masih panjang.

“Semoga pembinaan bisa dilanjutkan oleh orang tua dan tentunya merupakan kelanjutan pembinaan dari sini dan tidak ada yang bertolak belakang,” tuturnya.

“Tentunya selama pembinaan kami banyak kekurangan, semoga orang tua dapat memaafkan semua kekurangan-kekurangan kami,” imbuhnya.

Ahmad Faiz Althaf, salah satu wisudawan yang mewakili teman-temannya menyampaikan kesan-kesannya selama 6 tahun menimba ilmu di Pondok ini.

“Banyak sekali kesan-pesan yang tak bisa kami ungkapkan, terimakasih kepada semua pihak terkhusus kepada seluruh guru-guru kami yang tercinta,” harunya.

Sementara perwakilan orang tua santri yang hadir menyampaikan beribu-ribu terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak Pondok Pesantren Darul Aman Gombara.

Ia pula berharap semua ilmu yang didapatkan selama mondok, insyallah bermanfaat dan menjadi bekal dalam menapaki dunia ini di masa yang akan datang.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama santri/santriyah yang ditamatkan sekaligus pemberian kalung dan plakat serta wisuda santri/santriyah tahfidzul Qur’an yang dipimpin langsung pengasuh pondok ustad Ahmad Badry Al Hafidz.

Di akhir acara diserahkan hadiah kepada para santri/santriyah berprestasi serta santri/santriyah teladan angkatan 29 yang diraih oleh ananda Ahmad Yasin (putra) dan Annisa Nufadillah Imran (putri).

Turut hadir dalam penamatan ini Pendiri Pondok Pesantre Darul Aman, ayahanda KH. Abdul Djalil dan Ibunda Hj. Khaeriyah, Direktur Pondok Pesantren Darul Aman H. Muhammad Yusuf Mantasya, Lc.

Turut hadir pula Kepala Sekolah SMA Buq’atun Mubarakah, Drs. Mashuri, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Mulahizhun Amien, S.Pd.I, MM dan jajaran asatidz/asatidzah Pondok Pesantren Darul Aman.

Juga hadir perwakilan dari Pondok Pesan Darul Arqam Gombara, Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel, Pondok Pesantren Al-Fakhriyah, Pondok Pesantren Ulul Albab dan Pondok Pesantren Darul Anshar.

Selain itu, hadir pula pengawas SMA dan SMP yang mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kota Makassar serta orang tua santri/santriyah yang ditamatkan dan diwisuda.

Acara kemudian ditutup atraksi Pencak Silat dari santri yang disusul dengan sambutan tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *