Peluang Amir Uskara, Karaeng Kio, Wawan dan Talenrang di Pilkada Gowa

Gowa, Pilkada 2024168 Dilihat

INDEPENDENews.com, MAKASSAR – Pemilihan kepala daerah atau Pilkada Gowa memunculkan calon kepala daerah. 

Beberapa wajah yang muncul adalah Wakil Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua DPP PPP Amir Uskara, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio, Sekretaris Umum DPD Partai Gerindra Darmawansyah Muin dan Ketua DPD PAN Gowa St Husniah Talenrang. 

Amir Uskara bukan sekedar politikus biasa saja. 

“Ia terbilang cukup kuat membuat basis atau lumbung dukungan dari sejumlah loyalisnya itu telah mantap menatap Pilkada Gowa 2024 dengan segudang persiapan termasuk melawan rivalnya nanti,” kata pengamat politik Muhammad Astarillah dalam Gowa Memanggil Komunitas Jurnalis Politik (KJP), Kopi Galeri, Jl Yusuf Bauty, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (25/7/2024). 

Muhammad Astarillah mengatakan, Amir Uskara punya kedekatan dengan beberapa petinggi parpol. 

“Jangan ragu soal kedekatannya dengan beberapa petinggi parpol di jejaring elit politik di Jakarta sana. Amir Uskara tentu sudah siap menggalang dukungan lantaran hubungan awetnya untuk dapat dukungan ketua-ketua partai penentu surat rekomendasi untuk pria berklaim AURA itu,” katanya. 

Sementara itu, Sekretaris Partai Gerindra Sulsel sekaligus Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Darmawangsa Muin sudah bergerak di masyarakat. 

“Pak Wawan ini telah asik bergerak untuk mencari dukungan masyarakat dengan tagline Gowa Berua juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Pengalamannya berpolitik dan membangun pencitraan publik juga sudah sangat mapan jadi kepala daerah,” katanya. 

Menurut Asratillah, sebagai andalan partai pemenang Pilpres 2024 besutan Prabowo Subianto di Kabupaten Gowa, tentu tidak ingin malu membawa citra sebagai kader tulen yang bersaing merebut kursi Bupati Adnan sebagai Bupati Gowa. 

“Darmawangsyah pasti sudah bersiap menyambut semua dukungan kalangan masyarakat. Peluangnya menjadi kepala daerah juga sangat lowong. Apalagi, sang istri tercinta Andi Tenri Indah sudah terpilih sebagai wakil rakyat juga bisa menjadi penentu dukungan internal bagi pria berkacamata tersebut,” katanya. 

Selanjutnya, Wakil Bupati Gowa, Abdul Mallagani Kr Kio yang kini aktif sebagai orang kosong dua Adnan Purichta Ichsan di pemerintahan yang ingin maju sebagai kepala daerah. 

“Peluangnya juga sangat bagus di samping bisa dapat dukungan dari para ASN Pemkab Gowa. Di beberapa titik kecamatan Karaeng Kio juga sangat sohor dan bisa dibilang berpotensi dapat dukungan banyak masyarakat Gowa saat ini,” katanya. 

Sebagai Wakil Bupati Karaeng Kio, yang seorang kader Partai PDI Perjuangan tentu kansnya besar. 

“Dengan lobi-lobi bersama Adnan tentu bisa ia memuluskan keinginannya sebagai pengganti bupati dua periode tersebut. Dataran rendah atau tinggi di wilayah Gowa juga pastinya dikuasai belum lagi dari dukungan orang terdekat dan kerabatnya,” katanya. 

Selanjutnya, Ketua PAN Kabupaten Gowa, Husniah Talenrang sebagai wakil rakyat yang naik kelas karena terpilih di DPRD Provinsi Sulsel. 

“Ibu Husniah jangan diremehkan kehadirannya di Pilkada Gowa. Peluangnya besar apalagi pengalamannya di DPRD Kabupaten Gowa dan sekitarnya sudah teruji,” katanya. 

Pertanyaannya sekarang, lanjut Asratillah, keempat figur bakal jadi kandidat Bupati Gowa ini siapa yang bakal unggul mendapat perhatian masyarakat untuk dipilih sebagai kepala daerah selanjutnya. 

“Peran partai-partai politik sebagai kendaraan mereka pun harus bisa menopang kekuatan dari masing-masing Cakada tersebut. Saat ini, mereka berempat pasti lagi menunggu surat rekomendasi dari sejumlah partai politik sebagai kendaraan politiknya untuk maju di Pilkada Gowa 2024,” katanya.(*)