Pastikan Logistik Pemilu Aman, Bawaslu-KPU Maros Datangi Percetakan

Maros, Pemilu 20241531 Dilihat

MAROS, INDEPENDENews.com – Jelang pendistibusian logistik pemilu 2024 di Kabupaten Maros, Bawaslu hingga KPU ingin memastikan pengadaan berjalan aman.

Hal ini usai melakukan pengawasan langsung ke tempat produksi logistik pemilu di PT Macananjaya Cemerlang, Jl. Ki Hajar Dewantara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (8/12/2023).

“Kami hadir langsung mengawasi proses pengadaan, percetakan dan distribusi logistik,” ungkap Ketua Bawaslu Maros Sufirman.

Termasuk kata Sufirman adalah waktu yang digunakan hingga logistik tiba di TPS nanti.

“Untuk memastikan logistik pada pemungutan suara pemilu 2024 berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Kali ini, yakni pengawasan pengadaan logistik DCT (Daftar Calon Tetap) dan DPC (Daftar Pasangan Calon) untuk capres dan cawapres.

Ia menambahkan jumlah logistik yang akan dicetak untuk logistik DCT sebanyak 1073 dan logistik DPC sebanyak 1073.

“Sekarang ini sudah tahap pengepakan dan menunggu proses pendistribusian ke Maros,” jelasnya.

“Berdasarkan jumlah tersebut, sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan. Tinggal nanti kita pastikan jumlah yang tercetak sesuai pada saat penyortiran saat logistik ini tiba di Maros,” tambahnya.

Sementara itu, ketua KPU Maros, Jumaedi mengatakan dirinya bersama jajaran sekretariat mendatangi langsung tempat produksi logistik agar semuanya aman dan terkendali jelang pemilu 2024 mendatang.

“Pemantauan logistik ini untuk memastikan bahwa percetakan DCT yang akan ditempel di TPS sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan sebanyak 1073 TPS,” papar putra Simbang ini.

Dengan demikian, ia berharap agar pemilu 2024 di Kabupaten Maros bisa berjalan lancar.

Diketahui, rencana jadwal distribusi logistik ini menggunakan jasa PT. Jaladara Trans pada tanggal 16 Desember sampai 10 Januari, perkiraan 25 hari.

Selain Bawaslu dan KPU, turut serta dalam pengawasan logistik ini pula dari Kanit Tipikor Satreskrim Polres Maros IPTU Sukarman.

Ada pula Kepala Sub Seksi Perdata dan Tun Kajari Maros Ricardo Tricipto. (Rls)