Obgin FK UMI Makassar Jadi Peserta di Simposium Internasional

Kampus89 Dilihat

INDEPENDENews.com, Korea Selatan– Tim Obstetri dan Ginekologi (OBGIN) Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (FK UMI) Makassar memaparkan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam acara Simposium Internasional.

Tiga dosen dari FK UMI berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah pada The 28th Asia and Oceania Federation of Obstetric and Gynecology Congress (AOFOG 2024).

Kegiatan ini berada di Busan, Korea Selatan, dari Kamis (16/5/2024) hingga Senin (20/5/2024).

“Ini sebagai persiapan kami dalam pembukaan program studi spesialis obgyn.

Kami menjadi perguruan tinggi swasta pertama yang akan membuka program studi spesialis tahun ini,” papar Dr Nasrudin.

Empat Bakal Calon Rektor Unismuh Lolos, Muhammadiyah Sulsel Kembali Tes

Partisipasi dalam kegiatan internasional seperti ini sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan metode dan sistem pendidikan.

Kegiatan ilmiah internasional ini menjadi ajang bertemunya akademisi dan peneliti dari berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia.

Khususnya di bidang Obstetri dan Ginekologi, untuk memaparkan hasil penelitian yang mereka lakukan dan kembangkan di pusat penelitian masing-masing.

Dengan tema “Quantum Leaps for Women’s Health in Asia and Oceania”, ketiga dosen FK UMI mempresentasikan hasil penelitian di Makassar, Indonesia, kepada komunitas internasional.

Partisipasi ini tidak hanya meningkatkan reputasi Fakultas Kedokteran di kancah internasional tetapi juga memberikan peluang bagi kolaborasi penelitian lebih lanjut.

Pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan di Indonesia.

Ketiga dosen OBGIN tersebut adalah:

  1. Dr dr Nasrudin SpOG(K), yang juga Dekan FK UMI, dengan judul penelitian “Ethical Dilemmas in Termination of Pregnancy with Severe Congenital Anomalies”.
  2. Dr dr Trika Irianta SpOG(K), yang juga Ketua Bagian OBGIN dan calon Ketua Program Studi Spesialis OBGIN FK UMI, dengan tema “Unrecognized Ureter Injury After Hysterectomy”.
  3. Dr dr M Hamsah SpOG, yang juga Sekretaris Bagian dan calon Sekretaris Program Studi Spesialis OBGIN FK UMI, dengan judul “Effect of Ajwa Dates (Phoenix Dactylifera) Consumption on Haemoglobin Levels & Nutritional Facts”(*)