Munafri Arifuddin Temui AHY dan SBY di Jakarta, Dedi Singgung Etika Politik

Pilkada 202499 Dilihat

INDEPENDENews.com, MAKASSAR- Sejumlah calon potensial untuk Pilkada Makassar aktif melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh partai, termasuk Ketua DPD Partai Golkar, Munafri Arifuddin.

Appi, sapaan Munafri Arifuddin bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Surabaya.

Menurut CEO PT Duta Politika Indonesia, Dedi Alamsyah Mannaroi, pertemuan Appi dengan AHY dan SBY adalah hal yang sah dalam politik.

Arief Wicaksono: Rudianto Lallo Anak Rakyat tanpa Nama Besar

Chief Eksekutife Officer (CEO) PT Duta Politika Indonesia Dedi Alamsyah Mannaroi.
Chief Eksekutife Officer (CEO) PT Duta Politika Indonesia Dedi Alamsyah Mannaroi.

Asalkan tetap mengedepankan etika dan koordinasi dengan tokoh Partai Demokrat di Makassar dan Sulsel.

“Appi, sebagai tokoh politik dan pengusaha besar, pasti paham akan etika politik,” tegas Dedi.

Dedi juga menyoroti bahwa fenomena seperti ini bukan hanya terjadi dalam Pilkada Makassar, tetapi juga dalam Pilkada Gubernur Sulsel.

Ia berharap semua pihak dapat mengutamakan etika politik untuk menghindari konflik yang merugikan.

Terkait kisruh di Gerindra Sulsel, Dedi optimis bahwa AIA akan maju dalam Pilgub dan mendapat restu dari Prabowo Subianto.

“Kali ini, saya hanya ingin menyatakan bahwa istana baru sedang didatangi oleh orang-orang dari istana lama. Jika ingin memasuki istana baru, sebaiknya tidak mengganggu penghuni lama dan menghindari adu domba,” tegas Dedi.

Sebelumnya, Partai Demokrat sudah memberikan surat tugas kepada Abd Rahman Bando dan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar, Adi Rasyid Ali.

Appi saat ini memiliki modal 6 kursi dari Golkar untuk maju di Pilwalkot Makassar. Jika berhasil mendapat rekomendasi Demorkat, maka akan bertambah 3 kursi lagi. Shingga, Appi hanya perlu menambah 1 kursi lagi agar bisa mendapatkan tiket bertarung.

Appi pun mengaku terus menjalin komunikasi hingga bertemu langsung dengan sejumlah petinggi Demokrat. Dia mengungkapkan dirinya telah bertemu dengan SBY dan AHY, serta sejumlah pengurus DPP Demokrat di Surabaya, Sabtu (7/7).

Gerilya Appi

Sebelum menemui SBY dan AHY, dia terlebih dahulu bertemu dengan Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Andi Alfian Mallarangeng dan Wakil Ketua Bappilu Andi Arief.

“Saya kemarin ketemu di Surabaya, di acara nonton voli. Saya ketemu dulu siangnya ketemu sama Andi Arief sama Andi Alfian, kita ngobrol lalu pergi ke acara pertandingan voli di Surabaya di sana ketemu dengan SBY dengan ketua umum Pak AHY dengan beberapa petinggi demokrat,” ujar Appi kepada wartawan, Senin (8/7/2024).

Dia tak menampik pertemuannya dengan sejumlah petinggi Demokrat itu untuk melobi agar bisa kembali diusung di Pilwalkot Makassar.

Sebab pada Pilwalkot sebelumnya, Demokrat menjadi salah satu partai pengusungnya.

“Pada dasarnya karena Pilwalkot lalu kita sama-sama sehingga tidak ada salahnya kalau kita sama-sama lagi. Walau pun kalau dengan Demokrat saja tentu belum cukup untuk mengusung,” terang Appi.(*)