Muhammadiyah Fokus Percepatan Program Vaksinasi di Wilayah Timur

Berita Utama1382 Dilihat

BIAK, INDEPENDENews.com – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Biak Numfor kembali menggelar Program Vaksinasi Massal Covid-19 Muhammadiyah Untuk Semua Tahap ketiga bertempat di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Jumat (6/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri perwakilan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Sekretaris Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kabupaten Biak, Dinas Kesehatan dan tim vaksinator Puskesmas Polres Biak dan tamu undangan lainya.

Saat ini Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Muhammadiyah berfokus pada percepatan vaksinasi di wilayah Timur Indonesia karena dinilai masih minim. Hal ini dikemukakan perwakilan pimpinan pusat Muhammadiyah usai membuka kegiatan.

“Bagi USAID, monitoring jarang tersentuh oleh pemerintah diwilayah timur, sehingga sekarang fokus kami wilayah timur harus dijangkau. Hal ini juga disambut baik oleh Kementerian Kesehatan,” ucap Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Manusia Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Kusnadi.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Ruslan Epid memberikan apresiasi dan mengajak PD Pemuda Muhammadiyah bergandeng tangan mempercepat capaian vaksin untuk melindungi seluruh masyarakat di Biak, terutama usia rentan.

“Dari epidemiologi kasus, 60 persen dari lansia belum mendapatkan vaksinasi. Harapannya bersama PD Muhammadiyah, target 100 persen herd imunnity lansia bisa dicapai dengan mendapatkan vaksinasi dosis 1,2 dan 3 di Biak,” ujar Ruslan.

Pemerintah akhirnya menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak tanggal 30 Desember 2022 lalu.

Salah satu peserta vaksinasi, Herman Sulistyo beranggapan meski ppkm resmi dicabut, masyarakat tetap perlu mendapatkan vaksinasi demi melindungi diri dari corona.

“Vaksin itu sangat penting. Jadi, tidak ada salahnya kita saling menjaga dan memproteksi diri dengan mendapatkan vaksinasi,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *