Mas Kaeseng Putra Jokowi Bakal Gabung Partai Politik, Jadi Rebutan?

Pemilu 20242106 Dilihat

JAKARTA, INDEPENDENews.com – Putra Presiden RI Joko Widodo Mas Kaesang dikabarkan bakal terjun ke dunia politik bahkan rencana kaesang terjun kedunia politik adalah menjadi teka teki belantika politik nasional.

Apakah akan bergabung disalah satu partai politik, kaesang pun belum menjelaskan apakah keinginannya terjun politik untuk maju pilkada, pileg atau hanya menjadi pengurus partai politik tertentu mendatang.

Jika mas kaesang maju pilkada maka tanpa bergabung dengan partai politik tertentu itu bisa ikut berkontestasi digelanggang politik. meskipun emosi citra keluarga Jokowi di asosiasikan sebagai keluarga PDI-Perjuangan.

Program Obrolan Malam Live di BTV Bersama Fristian Griec, Senin (30/1/2023) bersama narasumber lainnya Eriko Sotarduga Politisi PDI-Perjuangan, Habiburokhman Politisi Gerindra dan Syaiful Huda Politisi PKB dijelaskan bahwa ada 3 faktor daya pikat kaesang yaitu factor kekuasaan, factor market bonus demografi, factor finansial.

Pertama Factor kekuasaan : Putra Presiden Jokowi, kalau Mas Gibran adalah putra mahkota, maka Mas kaesang anak kesayangan yang diberi kebebasan menentukan rumah politiknya dan biasanya dituruti maunya, tentu pesona Jokowi masih kuat untuk menopang karir politik anak-anaknya.

Kedua Factor market bonus demografi : Tokoh Anak Muda, Geliat antusias generasi muda saat ini melek politik sangat positif, mereka cenderung mencari partai yang ada keterwakilannya baik segi keterwakilan usia dan harapan anak muda seperti pendididikan berkualitas, kepastian lapangan pekerjaan, bisa masuk eksekutif sejak dini nach ini tentu menjadi magnet sang anak bungsu presiden jika bergabung dengan partai politik tertentu.

Apalagi anak muda itu Cenderung membangun eksistensinya dengan membentuk komunitas dan perkumpulan, Anak muda senang menjadi volunteer, anak muda juga apatis karena didorong pragmatisme yang dikungkungi kurangnya informasi dan Pendidikan politik.

Alasan ketiga Factor finansial : mas kaesang ini Pengusaha Muda, kita masih ingat saat ditengah kesulitan ekonomi akibat pandemic mas kaesang membeli sebagian saham persis solo, indusrtri bola kan mahal tentu nilanya fantastis sebagai seorang pengusaha muda, sebelumnya menggeluti usaha kafe markobar dan sang pisang.

Jadi pundi pundi uangnya ada , masuk politik sangat nyamanlah, partai politik hari ini sedang berlomba-lomba merekrut keluarga penguasa dan pengusaha karena efeknya yang luar biasa dipartai politik.

Kita lihat momentumnya nanti, sebab ada kemungkinan keputusan politik mas kaesang menjadi signal dukungan Jokowi di pilpres, apakah keputusan kaesang masuk parpol dilakukan setelah PDI-Perjuangan mengumumkan capresnya ? Ñatau sebelumnya, tentu itu ada makna tersendiri.

Kalau mas kaesang tetap di PDI-Perjuangan menjadi tanda bahwa Pak Jokowi masih nyaman dan sama selera capres/cawapresnya dengan usungan PDI-Perjuangan.

Jika nantinya kaesang masuk parpol bukan di PDI-Perjuangan itu bisa ditafsirkan public bahwa dukungan Jokowi tidak satu frekuensi politik, beda selera politik dengan capres-cawapres usungan Bu Megawati Ketua Umum PDI- perjuangan.

Mohammad Anas RA Direktur Eksekutif FIXPOLL Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *