Mahasiswi S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta Praktik di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Gamping

Berita Utama, Kampus1437 Dilihat

YOGYAKARTA, INDEPENDEnews.com-Mahasiswa S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta melakukan praktik sistem informasi pelayanan dan pendidikan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta 05 Juni – 10 Juni 2023.

Praktik ini bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun usulan rancangan pengembangan sistem informasi pendidikan dan pelayanan kesehatan berdasarkan hasil evaluasi implementasi sistem informasi pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Hari pertama praktik diawali dengan orientasi dari pihak rumah sakit kemudian dilanjutkan pengenalan pada sistem aplikasi yang digunakan.

Pengenalan aplikasi dimulai dari sistem penggunaan SIM-KIA, MPDN dan SISRUTE.

Aplikasi ini dikembangkan oleh kementerian Kesehatan yang digunakan di seluruh fasilitas kesehatan terkait.

Sistem informasi kesehatan (SIM KIA, SISRUTE, MPDN) khususnya di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping sudah berjalan dengan baik, namun pada analisis faktor manusia terdapat keterbatasan SDM, waktu penginputan, respon time dari rumah sakit tujuan rujukan.

Pada menu entry scan hasil penunjang tidak dapat dibaca dengan jelas dan terdapat pada analisis faktor organisasi maupun teknologi belum adanya komputer khusus untuk penginputan aplikasi SISRUTE di ruang IGD, belum adanya ketetapan tentang wewenang penginputan data SISRUTE dan kebijakan penggunaan SIMKIA-SISRUTE-MPDN.

Monitoring evaluasi dari dinas Kesehatan setempat tentang penggunaan aplikasi SISRUTE belum maksimal, serta adanya kendala jaringan serta perlu adanya penambahan menu pada aplikasi sistem informasi kesehatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *