Mahasiswa Unisa Usul Pengembangan Aplikasi SIMUNDU di Puskesmas Gamping 1 Sleman Yogyakarta

Kampus1427 Dilihat

YOGYAKARTA, INDEPENDENEWS.COM- Mahasiswa Magister Kebidanan Universitas Aisyiyah Yogyakarta menyelesaikan praktik lapangan terkait pembelajaran Sistem Informasi Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan (SIPPKes).

Mahasiswa Magister Kebidanan memberikan inovasi pada sistem informasi di Puskesmas Gamping I.

Mahasiswa ini yakni Yohana Samosir, Deliana Br Karo, Pariqa Annisa, Sry Wulan Dary.

Kemudian, Dosen Pembimbing Akademik Dr Sulistyaningsih, S.KM., MH Kes dan Pembimbing Lapangan Listantina Astiti, Amd. Keb

Setelah dilakukan evaluasi terhadap sistem SIMUNDU yang ada di ruang KIA Puskesmas Gamping I, didapatkan rencana pengembangan inovasi pada SIMUNDU agar pengaplikasian dapat dimaksimalkan pada pelayanan kesehatan.

Adapun pengembangan inovasi yang kelompok usulkan yaitu dengan membuat pengelompokan per kategori pada sistem SIMUNDU agar tim pengisi data atau tim koordinator SIMUNDU tidak mengalami kesulitan untuk melihat pasien mana yang belum mendapatkan imunisasi selanjutnya.

Kemudian memberikan pewarnaan pada data yang tidak melakukan imunisasi secara teratur seperti dengan menandakan warna merah pada data tersebut.

Berdasarkan kajian wawancara dan observasi yang telah di Puskesmas Gamping I, terdapat permasalahan koneksi internet yang kurang stabil untuk melakukan penginputan data pada SIMUNDU.

Diharapkan Puskesmas Gamping I dapat memberikan akses layanan internet yang lebih baik lagi.

Human

Aplikasi SIMUNDU memudahkan tenaga medis terutama bidan dalam melakukan pencatatan serta pelaporan terkait informasi imunisasi.

Dalam penginputan data pada aplikasi SIMUNDU hanya dapat diakses oleh tenaga kesehatan yang memiliki user dan password, dengan begitu tidak semua tenaga kesehatan bahkan bidan dapat mengakses aplikasi tersebut.

Dalam melakukan penginputan data imunisasi di Puskesmas Gamping I terdapat satu tenaga kesehatan yaitu Bidan L yang bertanggung jawab dalam pengoperasian aplikasi SIMUNDU.

Organization

Penggunaan SIMUNDU telah di terapkan mulai dari tahun 2014 dibeberapa kabupaten dan kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peraturan pemerintah setempat menyarankan sistem informasi kesehatan imunisasi dengan menggunakan SIMUNDU untuk mempermudah dalam pencatatan, pelaporan dan evaluasi pemberian imunisasi.

Puskesmas Gamping I merupakan puskesmas yang menerapkan SIMUNDU dan telah di perkenalkan pada tahun 2014 dan mulai diterapkan secara baik pada tahun 2019 hingga sekarang.

Kebijakan dari kepala Puskesmas Gamping I terkait penerapan SIMUNDU yang diterapkan telah berjalan dengan baik dan pelaporan untuk evaluasi pemberian imunisasi pada setiap tanggal 5 ke Dinkes DIY sudah diterapkan dengan baik.

Technology

Aplikasi SIMUNDU merupakan salah satu sistem informasi yang dapat diakses dengan koneksi internet. Aplikasi SIMUNDU mempunyai beberapa fitur serta filter yang memudahkan bidan dalam melakukan penginputan data imunisasi.

Pada SIMUNDU terdapat laporan UCI atau grafik dan persentase pemberian imunisasi per tahun yang mempermudah untuk mendapatkan data imunisasi.

Tetapi setelah dilakukan wawancara terkait aplikasi SIMUNDU juga didapatkan beberapa masalah seperti fitur maupun filter yang ada di aplikasi tersebut sulit untuk digunakan, kemudian masalah koneksi jaringan mempengaruhi pengaksesan dalam mengisi data di aplikasi tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *