Ketua ICMI Kolaka Nur Ihsan: Gerakan Sarapan Sehat Anak Sekolah Jadi Prioritas

Kolaka

Berita Utama, Kampus1731 Dilihat

KOLAKA, INDEPENDENews.com- Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Nur Ihsan HL dilantik menjadi Ketua Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Kolaka.

Ketua DPW ICMI Sulawesi Tenggara, Usman Rianse melantik Nur Ihsan HL di Kota Kendari, Kamis, 29 Desember 2022 malam.

Nur Ihsan mengatakan selain menyusun struktur kepengurusan baru ICMI Kolaka, ada sejumlah program yang nantinya akan dilaksanakan. 

Salah satu program prioritas yaitu Program Gerakan Sarapan Sehat Anak Sekolah.

Menurutnya, kebiasan sarapan pagi yang merupakan salah satu isi pesan dari 13 Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS) dan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) masih sering diabaikan oleh masyarakat. 

Padahal, kata dia, sarapan pagi merupakan salah satu cara untuk memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa beraktivitas seharian.

Menurutnya, anak yang mendapatkan sarapan pagi dapat meningkatkan konsentrasi pelajaran di sekolah. 

Hal itu akan membuat anak bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas di pagi hari karena kebutuhan energi terpenuhi. 

“Lebih baik lagi jika para orang tua khususnya ibu dapat memberikan sarapan dengan menu makanan sehat,” ujar Nur Ihsan dalam keterangan tertulisnya. 

Di Kabupaten Kolaka, menurut Nur Ihsan, ICMI akan menjadi penggerak dalam mengedukasi para orang tua, khususnya para ibu dalam menyiapkan sarapan sehat untuk anaknya. 

“Para orang tua, khususnya buat para Ibu-ibu dari anak sekolah usia 6 sampai 12 tahun merupakan target primer kegiatan intervensi yang berperan langsung dalam menentukan status gizi anaknya. Ibu merupakan gatekeeper yang membuka dan menutup jalan atau saluran informasi tentang pentingnya sarapan sehat,” kata Nur Ihsan menjelaskan. 

Program tersebut juga nantinya akan melibatkan sejumlah pihak, mulai dari akademisi, praktisi gizi, hingga peran pemerintah daerah Kabupaten Kolaka.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *