Jelang Masa Kampanye, Bawaslu Maros Bekali Panwascam Keterampilan Penanganan

Maros, Pemilu 20241784 Dilihat

MAROS, INDEPENDENews.com – Dalam rangka menghadapi pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Maros menggelar pembinaaan dan pendampingan pelanggaran bagi panwascam se- Kabupaten Maros.

Kegiatan ini digelar di Hotel Harper, Jl Perintis Kemerdekaan Makassar, Kamis (14/9/2023).

Pembinaan ini dilaksanakan guna memperkuat tim pengawas kecamatan dalam menghadapi masa kampanye pemilihan umum 2024 mendatang.

Sejauh ini Bawaslu Maros telah melakukan penelusuran dan investigasi terkait dugaan pelanggaran pada sosialisasi partai politik dan bacaleg DPRD Kabupaten Maros.

“Terdapat dua hasil pengawasan langsung pada sosialisasi partai politik yang ditindaklanjuti dengan investigasi, karena terdapat dugaan pelanggaran. Yaitu di kecamatan Turikale dan Bontoa,” ujar Anggota Bawaslu Maros Muhammad Gazali Hadis.

Semua kegiatan yang melibatkan peserta pemilu pasti diawasi.

Lanjut Gazali bahwa kehadiran pengawas di kegiatan partai politik adalah untuk memastikan tidak adanya pelanggaran yang terjadi.

Untuk itu, lanjut dia, Panwascam dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan penanganan pelanggaran, apalagi menjelang masa kampanye pemilu 2024.

“Panwascam dibekali dengan penguatan kapasitas dan keterampilan penanganan pelanggaran, yaitu penelusuran dan investigasi jika ada hasil pengawasan atau laporan yang terdapat dugaan pelanggaran,” tambah Gazali.

Pihaknya memastikan bahwa pemilihan umum berjalan dengan adil dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Serta memberikan pemahaman yang lebih baik kepada Panwascam tentang pentingnya penegakan integritas dalam proses politik.

Diketahui, kegiatan ini diikuti 42 Panwaslu Kecamatan dan Staf Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Maros.

Turut hadir dan langsung dipandu Asri Yusuf selalu narasumber dari Pakar Hukum serta Ketua dan Anggota Bawaslu Maros, Sufirman dan Saiyed Mahmuddin Assaqqaf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *