Belajar Berbasis Projek, Darul Aman Gombara Kunjungi Lantamal VI Lihat Sejarah Kemaritiman

Makassar1934 Dilihat

MAKASSAR, INDEPENDENews.com – Sebanyak 113 santri tingkat SMP Kelas 9 mengadakan kegiatan Field Trip – Kunjungan ke Lantamal VI Kota Makassar.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Projek P5, Profil Pelajar Pancasila yang mengusung tema “Sikapku, adalah cerminan diriku”.

Kunjungan ke Lantamal VI ini bertujuan untuk menambah wawasan santri tentang menanamkan nilai-nilai luhur untuk cinta tanah air.

Juga ingin memahami dunia kemiliteran khususnya Angkatan Laut serta pembelajaran berbasis projek yang menitikberatkan pada sikap positif yang dimiliki rekan rekan di TNI AL.

“Keramah tamahan yang di tunjukkan rekan rekan di TNI AL dalam menerima kami hari ini, menimbulkan kesan tersendiri bagi para santri bahkan mereka ada yang bercita cita untuk menjadi salah satu personil TNI AL,” ungkap Abd Gaffar salah satu guru SMP Pondok Pesantren Darul Aman Gombara.

Ia menceritakan bahwa kunjungan dimulai pada museum Naval RE Martadinata.

“Para santri diberikan arahan berkaitan dengan beberapa peninggalan bersejarah dunia kemaritiman seperti baju selam yang di buat pada tahun 1950-an, berbagai macam peralatan TNI AL, replika perahu sandeq dan dewaruci serta pemutaran film dokumenter,” imbuhnya.

Kunjungan berikutnya ke kapal perang yang bersandar di dermaga TNI AL.

Anak anak santri diberikan kebebasan bertanya segala hal berkaitan dengan kapal perang tersebut dan mengabadikan beberapa spot menarik di kapal tersebut.

“Terima kasih tak terhingga kepada Komandan Lantamal VI yang bersedia menerima kami dengan penuh keramahan,” tuturnya.

“Semoga di lain waktu, para peserta didik kami dapat merasakan pengalaman pengalaman seru berkunjung ke Lantamal VI Makassar,” tutupnya. (Rls)