Bawaslu Maros Ingatkan Visi-misi Calon Pasangan Tepat Sasaran

Maros167 Dilihat

INDEPENDENews.com – Anggota Bawaslu Kabupaten Maros, Gazali Hadis menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Persiapan Visi-Misi Pasangan Calon yang digelar oleh KPU Maros.

Selain dihadiri oleh pihak Forkopimda, Polres dan Kejari Maros. Kegiatan ini juga diikuti para perwakilan partai politik, ormas, OKP, dan awak media. acara sosialisasi ini berlansung di Café Alfayyadh, Senin (5/8/2024)

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Maros tersebut menyampaikan agar setiap proses tahapan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Maros dalam Pilkada Serentak 2024 berjalan sesuai tata cara, prosedur, mekanisme.

“Termasuk dalam Sosialisasi Persiapan Visi-Misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati ini kami harap sudah sesuai PKPU 8 Tahun 2024,” katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar sosialisasi atau bedah Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tidak menjadi formalitas semata, namun betul-betul dilakukan melalui sebuah proses observasi atau penelitian.

“Perumusan visi dan misi tidak cukup hanya melalui pengalaman, lebih dari itu harus melalui tahapan observasi, curah pendapat dan penelitian. Sehingga nantinya bisa diintegrasikan dalam dokumen perencanaan sesuai koridor regulasi yang ada untuk menjawab masalah kekinian di dalam masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Gazali, agar terwujud keselarasan antara visi dan misi Pasangan Calon dengan RPJPD, ‘’Maka kiranya perlu dilakukan sosialisasi atau bedah RPJPD. Sasaran sosialiasi RPJPD ditujukan kepada partai politik yang akan mengajukan paslon,’’ Tutup Gazali.

Senada, Ketua KPU Kabupaten Maros, Jumaedi dalam sambutannya mengatakan perlunya sinkronisasi pasangan calon dengan RPJPD.

“Kenapa ini penting? Bahwa dalam prosesnya nanti siapapun yang terpilih, visi-misi mereka harus sinkron dengan RPJPD. Setelah RPJP ada yang namanya RPJMD, Artinya apa? KPU bukan hanya menjadi leading sektor di pemilihan saja, tetapi sampai pada wilayah program kerja dan sampai adanya pemimpin terpilih nantinya,” pungkas Putra Simbang tersebut.

Sosialisasi tersebut juga menghadirkan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Maros, Sulaeman Samad. (*)